Jumat, 29 Maret 2013

YAMAHA ZUPITER Z1 VS NEW HONDA BLADE


YAMAHA ZUPITER Z1 VS NEW HONDA BLADE Berikut adalah perbandingan antara sepeda motor Yamaha bebek injeksi Jupiter Z1 115 CC VS New Honda Blade Karburator 110 CC 

Kalau dilihat dari segi engine Jupiter Z1 dan New Honda Blade keduanya mempunyai kelebihan teknologi tersendiri walaupun sekilas ada segi kemiripin dari segi bentuk kedua motor ini menganut




sistem Injeksi dan Karburator serta yang satu bermesin 115 CC dan satunya lagi bermesin 110 CC Jika Yamaha bangga dengan forged piston dan YZ crackshaft technology, maka Honda mengandalkan Honda Variabel Ignition Control yang akan memungkinkan pengapian mengikuti riding style.

Untuk kurva ignition akan diatur secara otomatis tergantung betotan gas sehingga memberikan performa serta fuel efficiency maksimal. Dengan bobot kosong 104kg, muntahan tenaga dari engine 110cc Blade mencapai 8,4ps@7500rpm, torsi 8,15Nm@5.500rpm. Kapasitas tanki bahan bakar 3,7liter menjadikan bebek NHB sebagai moped favorit para biker. Apalagi AHM melengkapi seabreg fitur seperti RDB, SKS, crackcase cover protector, position light inner lens, leg shield ventilation, muffler protector dan masih banyak lagi lainnya. Sementara Yamaha mengklaim engine gen anyar telah dirombak total.

Dalam jeroan new Jupiter Z1, mereka merombak klep dengan ukuran lebih besar serta pemasangan cam bearing untuk meminimize gesekan. Selain itu ring piston lebih tipis serta ringan dipadukan forged piston plus YZ crackshaft dengan hollow Pin untuk optimalisasi crank balance agar mesin lebih responsif, putaran RPM lebih tinggi tapi minim vibrasi. Gen anyar juga menggunakan silinder tipe spiny sleeves yang telah sukses dipasang pada sikebo Byson. Keuntungannya dapat melepaskan panas (better heat transfer) ketimbang silinder model konvensional. Berbagai perombakan membuat engine 115cc-nya mampu memuntahkan tenaga hingga 10,6ps@7750rpm, torque 9,9nm@6500rpm terbesar dikelasnya!

Yang tidak kalah menarik perut knalpot (muffler chamber) juga direkonstruksi ulang dengan penambahan honeycomb catalyzer agar emisi gas buang memenuhi syarat Euro 3. Semua semakin sempurna setelah dipadukan dengan sistem injeksi yang dibekali oxygen sensor, engine temperatur sensor, crackshaft position sensor & AC-DC generator, TPS (throttle position sensor), IAPS (Intake air pressure sensor), dan IATS (intake air temperatur sensor). Tiga yang terakhir merupakan satu kesatuan unit dari 22mm throttle body. Jadi bagi para biker tidak perlu risau jika akan pergi ketempat pegunungan tinggi nunggang JupiterZ1 sebab sensor unit akan secara otomatis mengetahui dan melakukan adaptasi secara auto akibat perbedaan tekanan udara dan temperatur yang dikuatirkan membuat perfoma anjlok.


Kalau dilihat dari segi teknologi tidak bisa dipungkiri gen anyar Yamaha lebih menjanjikan. Begitu pula performa walau harus dibuktikan dulu test jalanan secara head to head. Sementara dari banderol Secara fair kita tentu belum bisa membandingkan keduanya mengingat versi karbu memang lebih murah dibandingkan injeksi. Entahlah jika kedepan ternyata Honda mampu brojolin New Honda Blade FI dengan harga sama. Desain?? karya Honda untuk bebek Blade ini memang masuk kategori brilian, indah dan enak dipandang mata. Dipadu sentuhan striping membuat biker dipastikan mumet untuk menjatuhkan pilihan. Sedang NJZ1 tidak kalah menawan. Campur tangan Mr. Takeda sebagai “The man behind M1 & R1″ membuat gen anyar lebih agresif serta galak. So….new Honda Blade vs. New Jupiter-Z1??

JUPITER Z1 VS NEW HONDA BLADE


Rem belakang New Honda Blade lebih sporty akibat Rem Disk Belakang
Rem Depan sama-sama satu piston


Stoplamp NJZ1 lebih meruncing
Angle depan sebelah kiri
Cover muffler NHB membungkus seluruh knalpot dengan bentuk semi oval, lebih modern look
View samping….NJZ1 lebih agresif
Kepala silinder kotak…NHB sudah mengaplikasi lebih dulu
View muka…garis desain sein ada kemiripan
SKS NJZ1 lebih fungsional…jok bisa dibuka tanpa cabut kunci
Crankcase engine NHB dibekali protector….NJZ1 tidak
Air fin membuat NJZ1 terlihat lebih agresif

Spesifikasi New Jupiter Z1


YAMAHA JUPITER Z1




HARGA YAMAHA JUPITER Z1

Yamaha Jupiter Z1 pelek Racing Rp 15,1 juta (velg palang) dan Yamaha Zupiter Z1 pelek standar Jari-jari Rp 14,1 juta untuk velg jari-jari, on the road Jakarta. 


Spesifikasi NEW Honda Blade


 Dimensi

Dimensi (P x L x T) 1.898 x 709x 1080 mm
Jarak sumbu Roda 1.227 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm
Berat kosong 104 kg
Rangka

Rangka Tulang punggung
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun dan peredam kejut ganda
Ukuran Ban depan 70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran Ban Belakang 80/90 – 17 M/C 44P
Rem depan Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Mesin

Tipe mesin 4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan Pendinginan udara
Diameter x langkah 50 x 55,6 mm
Volume langkah 109,1 cc
Perbandingan kompresi 9,0 : 1
Daya maksimum 8,4 PS/7.500 rpm
Torsi maksimum 0,83 kgf.m/5.500 rpm
Kopling Ganda, otomatis. Sentrifugal, tipe basah
Starter Pedal dan elektrik
Busi ND U20EPR9S, NGK CPR6EA-9
Kapasitas

Kapasitas tangki bahan bakar 3,7 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,8 liter pada penggantian periodik
Transmisi 4 kecepatan rotary/bertautan tetap – N-1-2-3-4-N
Kelistrikan

Aki MF battery, 12 V – 3 A.h
Sistem pengapian DC – CDI, Battery
Harga Honda Blade

Berikut adalah harga OTR untuk Honda Blade:
Honda Blade – Rp. 14,100,000.
Honda Blade Repsol – Rp. 14,300,000.

0 komentar:

Posting Komentar