Minggu, 10 Februari 2013

Mesin 6 tak


Mesin 6 Tak ( I )

Malcolm Beare, petani gandum di pedalaman Australia, tiba-tiba mengumumkan penemuannya, sebuah mesin enam langkah atau 6 tak! Siapa sangka ide cemerlang itu muncul dari benak pengelola 1.300 hektar lahan, yang notabene jauh dari dunia permesinan.
Karena keadaan yang serba terbatas dan jauh dari mana-mana, Malcolm sering terpaksa menangani sendiri kerusakan mesin penggiling atau sarana transportasi miliknya. Dari utak-atik dan akal-akalan memperbaiki mesin rusaknya itulah, muncul gagasan mengawinkan sistem kerja mesin 4tak dan 2tak.
Secara sederhana mesin penemuannya ini adalah gabungan antara mesin 4tak dan 2tak, di bagian bawah mesin ini layaknya mesin 4tak biasa, namun dari kepala silinder keatas, dipasangi silinder blok 2tak. Dengan kata lain kepala silinder (silinder-kop) dan perangkat pendukungnya, seperti klep, rocker arm, noken as dan lainnya dibuang.






Posisi perangkat pendukung tadi digantikan oleh kruk as buatan Malcolm. Poros ini untuk menggerakan piston. Salah satu ujung dari kruk as itu, dihubungkan ke pelat katup rotari yang bertugas membuka tutup lubang buang (exhaust). Sedang ujung satunya tersambung ke puli atas. Puli atas ini di tautkan ke puli bawah dengan belt (sabuk). Supaya putaran keduanya sesuai dengan keinginan, diameter puli atas dua kali lebih besar dari puli bawah. Maksudnya, jika puli bawah berputar dua kali, puli yang atas hanya sekali.












Itulah mengapa mesin ini dikatakan bekerja dengan enam langkah dari dua piston dengan dua liner terpisah. Satu di atas menganut sistem 2tak (diameter x langkah: 60 x 25 mm), dan yang bawah menganut sistem 4tak (diameter 86 x 57 mm).
Permukaan piston atas berbentuk kerucut (konikal). Maksudnya untuk mengarahkan aliran bensin dan gas buang. Persis karakter piston mesin 2tak. Sedangkan piston bawah memakai milik 4tak dengan permukaan rata. Ruang bakar mesin ini terletak di pertemuan dua piston itu. Yaitu, saat piston atas bergerak turun dan piston bawah merangkak naik. Rasio kompresi diperkirakan.
Proses kerja dari mesin ini sangat unik. Saat langkah isap, piston bawah bergerak bawah dan piston atas ke atas. Lubang rotari dalam kondisi tertutup agar bensin baru tidak terbuang. Ketika langkah kompresi, kedua piston nyaris bertemu. Menciptakan ruang bakar. Kapasitas dalam kondisi ini disebut sebagai compresion corrected dan sejumlah 575 cc. Begitu terjadi ledakan kedua piston berpencar. Saat piston atas bergerak ke atas, katup rotari baru terbuka, membuang sisa pembakaran yang didorong oleh piston bawah.
Pemantik bensin, digunakan dua busi tiap silinder. Untuk menyuplai bensin, Beare memutuskan untuk memakai dua karburator Mikuni 35 mm tiap silinder. Namun ia sendiri belum menemukan kapasitas mesin yang pasti (eksak).
Ketika diuji, mesin ini mempunyai beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan mesin konvensional. Mesin ini mampu berputar hingga 28.000 rpm. Cuma, saat dilakukan tes, karena mesin Beare masih percobaan dan belum menggunakan material yang kuat, putaran dibatasi 9.000 rpm saja. Tenaga mesin juga diklaim lebih besar 13 dk dari versi asli. Sebab ketika dihitung, menghasilkan 86 dk pada 9.000 rpm.
Untuk menyala, mesin ini tidak memerlukan bahan bakar berpelumas seperti mesin 2tak. Hanya dengan bensin biasa dan beroktan rendah sudah cukup. Konsumsi bahan bakarnya menjadi 35% lebih irit dan gas buang pun lebih bersih.
Jumlah komponen yang bergerak juga lebih sedikit dibanding dapur pacu 4tak. Itu sebabnya, Beare yakin tingkat kebisingan dari mesin ini rendah. Keunggulan dalam hal ini belum terbukti, karena Beare menggunakan knalpot free flow pada motor percobaannya.
besok anak negeri bikin mesin 8 tak, hehe tetap high performance




4 tak Vs 2 tak


Salam high performance, tau gak kebanyakan motor skarang mengunakan system pembakaran 4 langkah, dulu sebelum ada mesin 4 langkah, mesin-mesin bermotor masih menggunakaan system 2 langkah. Lalu diantara kalian ada yang tau perrbedaan mesin 2 langkah ma 4 langkah gak ?
Kedua mesin ini memiliki keunggulan dan kekurangan. Mesin 4 langkah dinilai lebih irit dan lebih ramah lingkungan, selain itu mesin 4 langkah memiliki mesin yang lebih responsive. Tapi mesin 2 langkah memiliki mesin yang lebih simple namun konsumsi bensinya dua kali lebih banyak disbanding 4 langkah, kok bisa? Nanti akan saya bahas lebih lanjut di prinsip kerja kedua mesin tersebut. Lanjut, mesin 2 langkah juga dinilai tidak ramah lingkungan, karena dalam pembakaran memerlukan ali samping yang tercampur di bensin dan ikut terbakar. Namun mesin2 tak jauh lebih kencang dan lebih powerfull di banding mesin 4 tak. Ya iyalah kan konsumsi bensinya juga banyak.

RINGKASAN PERBEDAAN MESIN 4 TAK DENGAN MESIN 2 TAK
PERIHAL
4 TAK
2 TAK
Gerakan piston
4 kali (2 kali naik, 2 kali turun)
2 kali (1 kali naik, 1 kali turun
Katup (valve)
Ada. Ada 3 macam:
-1 klep masuk dan buang (pada mesin SOHC)
-2 klep masuk dan 1 klep buang(mungkin SOHC)
-2 klep masuk dan 2 klep buang (pada mesin DOHC)
G ada klep, cuman kaya pintu yang buka tutup karena tekanan udara.
Camshaft
Ada. Ada 2 macam:
SOHC (single overhead camshaft) dan DOHC (dual overhead camshaft)
Tidak ada camshaft
Tenaga
Dengan cc yg sama (dengan kapasitas ruang bakar yang sama misal sama2 mesin 110cc, 2 tak mempunyai tenaga yang lebih besar.
Kalau di motogp sendiri dulu pernah ada seri yang motor2nya  2 tak dan 4 tak. Nah cc motor 4 tak (990 cc) hampir 2 kali lipat cc motor 2 tak (499cc).
Bahan bakar
Premium, pertamax, solar tanpa campuran.
Premium, pertamax dengan oli samping.
Konsumsi bahan bakar
Relatif irit
Boros
Karakteristik mesin
Halus di semua rpm
Tenaga terasa saat rpm agak tinggi.
Suara
Relatif halus, kecuali mesin disel
Bising.
Gas buang
Relatif ramah lingkungan, kecuali mesin disel yang tua.
Lebih berpeluang mencemari lingkungan, baik asap maupun baunya.
Dan lain2,dan saya bingung dan banyak lagi…



Mesin 4 tak cut off





Mesin 2 tak cut off




Mesin 4 tak



Slam high performance, ni mimin share lagi mengenai system pembakaran yang paling sering digunakan pada saat ini. Karena  mesin 4 tak memiliki keunggulan di banding mesin 2 tak, diantaranya lebih irit dan ramah lingkungan.
Mesin 4 langkah, sesuai dengan namanya mesin ini mempunyai 4 tahap dalam pembakaran, mesin ini dicetuskan oleh orang yang bernama OTO.  4 tahap itu adalah, intek, kompresi, full power, dan exhaust. Ke-4 tahap itu terus berulang tan terjadi pada motor. Terdapat bagian penting dalam mesin 4 tak, yaitu valve, valve ini merupakan alat untuk membuka dan menutup dapur pacu. Valve ini digerakkan oleh cansaft dan rokerarm. Berikut ini rincian keempat tahap tersebut :
  1. Langkah intake















Pada langkah hisap proses yang terjadi adalah:
-          Piston bergerak turun dari TMA (Titik Mati Atas) sampai TMB (Titik Mati Bawah). Gerakan piston ini menyebabkan kehampaan di ruang bakar. Piston bergerak 1 gerakan (turun).
-          Pada saat ini katup masukan juga dibuka, maka campuran bahan bakar dan udara yang berasal dari karburator, masuk ke ruang bakar. Katup keluaran ditutup.
-          Kruk as berputar 180 derajat.
-          Camshaft berputar 90 derajat.

L     2.Langkah kompresi.





Pada langkah ini:
-          Klep masukan dan klep keluaran ditutup.
-          Piston terdorong ke atas dari TMB menuju TMA karena ada momentum dari flywheel. Dorongan piston ini mendesak campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar yang tadi masuk ketika langkah hisap. Karena tekanannya sangat tinggi, campuran udara dan bahan bakar akan sangat mudah terbakar. Piston naik ke atas brarti udah gerakan piston kedua.
-          Kruk as berputar 180 derajat, berarti sampai langkah kompresi, kruk as sudah berputar satu kali putaran atau 360 derajat.
-          Camshaft berputar 90 derajat, berarti camshaft sudah berputar 180 derajat.

3      3. Langkah Usaha

Ketika campuran bahan bakar dan udara selesai dikompresi yang mengakibatkan mereka berdua menjadi sangat mudah terbakar, dinyalakanlah busi. Yasudahlah terjadi ledakan…duwar…yang menyebabkan:
-          Piston terdorong dari TMA ke TMB, dalam hal ini piston melakukan usaha, maka dinamakan langkah usaha. Piston bergerak ke bawah (gerakan ketiga). Gerakan usaha yang linier ini diteruskan ke kruk as agar menjadi gerakan rotasi atau putaran. Energi putaran ini disalurkan ke flywheel yang berfungsi menyimpan tenaga dan momentum. Flywheel bertugas memberikan energi ketika piston sedang tidak melakukan langkah usaha. Jadi pada langkah hisap, kompresi dan buang, flywheel lah yang membuat mesin tetap berputar.
-          Kedua katup masih menutup.
-          Kruk as berputar lagi 180 derajat, maka total sudah berputar 540 derajat.
-          Camshaft berputar lagi 90 derajat, maka total sudah berputar 270 derajat.




4     4. Langkah buang

Langkah ini bertujuan mengeluarkan sisa hasil pembakaran. Udara hasil pembakaran didiorong naik, namun katup keluar dibuka, maka gas di ruang bakar akan keluar melewati saluran pembuangan dan knalpot. Rinciannya:
-          Piston bergerak ke atas (gerakan keempat), karena gaya dari flywheel.
-          Klep keluaran dibuka.
-          Kruk as berputar 180 derajat, maka total putaran hingga langkah buang ini adalah 720 derajat atau dua kali rotasi.
-          Camshaft berputar 90 derajat, maka total putaran adalah 1 putaran (360 derajat). 

Sesudah itu terjadi lagi langkah isap dan berulang-ulang lagi langkahnya.

Nah, hal ini berlaku untuk mesin 4 tak, baik yang bensin maupun disel.

Keunggulan mesin 4 tak :
+)irit bensin nya
+)mesin yang halus
+)tidak ngebul
+)minim perawatan
+)suara knalpot nyaman
+)minim getaran
Kekurangan :
-)putaran mesin sedang sehingga motor menjadi tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat


itu yang uda mimin share, smoga bermamfaat

Mesin 2 tak


 Salam high performance, kali ini mimin update tentang asal semua prinsip kendaraan bermotor, yaitu mesin 2 tak. Sesuai namanya mesin ini memerlukan dua tahap untuk pembakaran. Pada mesin montor 2 tak untuk bekerjanya Cuma diperlukan 2 langkah. Dan dua langkah itu adalah:



Pada gambar sebelah kiri terjadi proses upstroke. Nah upstroke itu adalaahh,, bukan penyakit (oh itu stroke halah), pada upstroke ini piston bergerak ke atas yaitu dari TMB ke TMA. Pada tahap ini terjadi dua langkah sekaligus, yaitu langkah kompresi dan di akhir langkah kompresi busi dinyalakan (langkah pembakaran) dan dhuwar sehingga terjadi langkah usaha. Nah tapi bersamaan dengan itu, campuran udara dan bahan bakar yang baru, masuk ke blok mesin. Nek di list kek gini :
-          Piston gerak dari TMB ke TMA
-          Saluran bilas dan buang tertutup, terjadi langkah kompresi, dan setelah mencapi tekanan tinggi busi memercikan bunga api listrik untuk membakar campuran bensin dengan udara tadi.
-          Pada saat yang bersamaan, dibawah (di dalam blok engkol mesin) bahan bakar yang baru masuk ke dalam bak mesin melalui saluran masuk. Di sini ada suatu katup atau valve tapi wujudnya sangat berbeda dengan valve pada 4 tak.




Nah nek pada gambar sebelah kanan terjadi proses downstroke atau piston bergerak ke bawah (sebenere ngapain sih piston tu naik turun naik turun gda krjaan laen po??! :p). Pada proses downstroke ini campuran udara dan bahan bakar yang tadi di bawah piston (di blok engkol mesin), didesak piston sehingga dia naik ke ruang bakar (melewati saluran opo yo namanya itu lah pokoknya) nah pada saat yang bersamaan sisa hasil pembakaran keluar melalui saluran buang. Nek di list kek gini :

-          Piston bergerak dari TMA ke TMB
-          Pada saat saluran bilas (saluran yang g jelas namanya dan saluran buang) masih tertutup oleh piston, di dalam bak engkol terjadi kompresi campuran bahan bakar dan udara.
-          Di atas piston (ruang bakar) sisa pembakaran mulai terbuang keluar melalui saluran buang.
-          Saat saluran bilas sudah terbuka, campuran bahan bakar dan udara mengalir ke dalam ruang bakar.

Jadi untuk satu siklus mesin dua tak cukup simpel, hanya memerlukan dua kali gerakan piston yaitu naik dan turun. Ga ada klep hisap, klep buang, camshaft dan yang rumit lainnya.
Nah itu dia mesin dengan 2tak, boros sih tapi perfomanya jangan Tanya !

Senin, 04 Februari 2013

CB-150R Vs NEW VIXION




Salam high performance, ni mimin update lagi tentang varian baru YAMAHA VIXION 2013 Vs HONDA CB-150, sekilas nyaris sama, namun jika dilihat detailnya sangat berbeda. VIXION masih tetap mempetahankan sasis delta box, sedangkan CB-150R datang dengan sasis prolink. Mungkin ente pada bingung mau pilih yang mana, karena harga kedua motor tersebut nyaris sama. Oleh karena itu, mimin sengaja apdate ini agar jadi pertimbangan ente membeli mtor ni.
Mimin bahas mulai dari body, sekilas dari foto ni CB terlihat lebih gahar, namun jika dibandingin dengan aslinya, menurut mimin lebih gahar VIXION. Kolo dilihat lebih dalam body CB hamper sama dengan VIXION tahun 2011-2012. Iya gak ? jadi jangan salah bedain tu motor, karena hamper sama. Sedangkan VIXION justru tambil baru dengan tangki, lampu depan belakang dan kenalpot yang leih keren. Menurut mimin, yang paling keren dari VIXION adalah tangki bensin yang mengplikasikan bentuk dan teknologi motor SUPERSPORT yaitu YAMAHA YZF-R, keren gak tu. VIXION juga datang dengan ban dilitire yang lebih lebar.
Dari segi suspense dan sasis, kedua motor ni mempunyai kesamaan dan perbedaan, kedua motor ini sama-sama mengaplikasikan system monoshok di belakang. Namun CB tampil dengan prolink system yang katanya mampu meredam getaran roda belakang, sedangkan VIXION mempunyai suspense yang mengaplikasikan peredam kejut gas nitogen, yang mimin rasain dari VIXION ini tetep stabil gan, masuk dan keluar tikungan sangat lincah. Tapi CB juga gak kalah, memang saat di tikungan tidak semiring VIXION tapi saat di gas keluar tikungan tetep stabil. Dari sege sasis CB datang dengan sasis yang sama dengan abangnya HONDA CBR-150 yang bisa dilihat sangat mempesona dan keren bentuknya. Tapi jangan salah, VIXION lebih sangar lagi, udah kebayang kesetabilan dan kelincahan khas sasis DELTABOX Yamaha, sasis tersebut banyak digunakan diajang SUPERSPORT, saat menikung gua jamin kemiringannya sama kaya motoGP. MANTAB!!!! Mungkin pada nanya kenapa dipilih DELTABOX, nanti mimin bahas di engine-nya.
Next, yang paling penting adalah engine ! dari spesifikasi dulu, CB dating dengan DOHC 6speed dengan dapur pacu sebesar 150cc. kalo udah DOHC udah pasti mempunyai 4 valve. Kalo VIXION masih tetap dengan SOHC 5speed dengan dapur pacu 135cc, namun di dipublish 150cc, tapi isinya 135cc ciyus, mimin gak bohong. Eeee, tapi walaupun SOHC, tapi VIXION mempunyai 4 valve sama kaya CB. Kedua motor ini juga sama-sama memakai injeksi, CB dengan PGM-FI asli HONDA, dan VIXION dating dengan YMJET-FI made in YAMAHA. Udah jelas powernya ma top speed lebih unggul CB, namun dari segi acelereasi masih unggul VIXION. Mungkin pada nanya kok bisa lebih uggul VIXION acelereasinya, itu karena DELTABOX itu tadi, yang dimaksut sasis DELTABOX adalah lenan ayun piston,sasis dan pangkal suspense membentuk delta. Mimin juga bingung, kok bisa, sasis bisa mempengaruhi acelereasi. Dari segi brake, CB hadir dengan dable disk brake sama ma VIXION.
Pilih mana, power gede, apa kesetabilan dan acelereasi? Memang di trek lurus CB lebih unggul, tapi di trek berkelok-kelok lebih mantab VIXION. Tapi menurut mimin VIXION yang dating dengan kapasitas ruang bakar 135cc dan 5speed udah mampu mengimbangi CB yang hadir dengan 150cc 6speed, tentunya VIXION lebih irit pastinya. Memang CB itu adiknya dari CBR-150, enginenya sama, Cuma beda body. Nah sedangkan VIXION tetap dengan sasis DELTABOX, mungkin pada nanya, kenapa gak sekalian 150cc aja VIXION, kan lebih manteb. SABAR ! Kenapa mimin bilang sabar, karena YAMAHA udah punya motor yang kapasitasnya 150cc 6speed, hanya saja belum hadir di Indonesia, namanya YZF-150R, tu motor adiknya motor yang digunain Ben Spies ma Calcrutclow di SUPERSPORT, jadi motor ni ya semi sport gitu.
Pilih mana? YAMAHA VIXION apa HONDA CB-150R ?