Senin, 04 Februari 2013

CB-150R Vs NEW VIXION




Salam high performance, ni mimin update lagi tentang varian baru YAMAHA VIXION 2013 Vs HONDA CB-150, sekilas nyaris sama, namun jika dilihat detailnya sangat berbeda. VIXION masih tetap mempetahankan sasis delta box, sedangkan CB-150R datang dengan sasis prolink. Mungkin ente pada bingung mau pilih yang mana, karena harga kedua motor tersebut nyaris sama. Oleh karena itu, mimin sengaja apdate ini agar jadi pertimbangan ente membeli mtor ni.
Mimin bahas mulai dari body, sekilas dari foto ni CB terlihat lebih gahar, namun jika dibandingin dengan aslinya, menurut mimin lebih gahar VIXION. Kolo dilihat lebih dalam body CB hamper sama dengan VIXION tahun 2011-2012. Iya gak ? jadi jangan salah bedain tu motor, karena hamper sama. Sedangkan VIXION justru tambil baru dengan tangki, lampu depan belakang dan kenalpot yang leih keren. Menurut mimin, yang paling keren dari VIXION adalah tangki bensin yang mengplikasikan bentuk dan teknologi motor SUPERSPORT yaitu YAMAHA YZF-R, keren gak tu. VIXION juga datang dengan ban dilitire yang lebih lebar.
Dari segi suspense dan sasis, kedua motor ni mempunyai kesamaan dan perbedaan, kedua motor ini sama-sama mengaplikasikan system monoshok di belakang. Namun CB tampil dengan prolink system yang katanya mampu meredam getaran roda belakang, sedangkan VIXION mempunyai suspense yang mengaplikasikan peredam kejut gas nitogen, yang mimin rasain dari VIXION ini tetep stabil gan, masuk dan keluar tikungan sangat lincah. Tapi CB juga gak kalah, memang saat di tikungan tidak semiring VIXION tapi saat di gas keluar tikungan tetep stabil. Dari sege sasis CB datang dengan sasis yang sama dengan abangnya HONDA CBR-150 yang bisa dilihat sangat mempesona dan keren bentuknya. Tapi jangan salah, VIXION lebih sangar lagi, udah kebayang kesetabilan dan kelincahan khas sasis DELTABOX Yamaha, sasis tersebut banyak digunakan diajang SUPERSPORT, saat menikung gua jamin kemiringannya sama kaya motoGP. MANTAB!!!! Mungkin pada nanya kenapa dipilih DELTABOX, nanti mimin bahas di engine-nya.
Next, yang paling penting adalah engine ! dari spesifikasi dulu, CB dating dengan DOHC 6speed dengan dapur pacu sebesar 150cc. kalo udah DOHC udah pasti mempunyai 4 valve. Kalo VIXION masih tetap dengan SOHC 5speed dengan dapur pacu 135cc, namun di dipublish 150cc, tapi isinya 135cc ciyus, mimin gak bohong. Eeee, tapi walaupun SOHC, tapi VIXION mempunyai 4 valve sama kaya CB. Kedua motor ini juga sama-sama memakai injeksi, CB dengan PGM-FI asli HONDA, dan VIXION dating dengan YMJET-FI made in YAMAHA. Udah jelas powernya ma top speed lebih unggul CB, namun dari segi acelereasi masih unggul VIXION. Mungkin pada nanya kok bisa lebih uggul VIXION acelereasinya, itu karena DELTABOX itu tadi, yang dimaksut sasis DELTABOX adalah lenan ayun piston,sasis dan pangkal suspense membentuk delta. Mimin juga bingung, kok bisa, sasis bisa mempengaruhi acelereasi. Dari segi brake, CB hadir dengan dable disk brake sama ma VIXION.
Pilih mana, power gede, apa kesetabilan dan acelereasi? Memang di trek lurus CB lebih unggul, tapi di trek berkelok-kelok lebih mantab VIXION. Tapi menurut mimin VIXION yang dating dengan kapasitas ruang bakar 135cc dan 5speed udah mampu mengimbangi CB yang hadir dengan 150cc 6speed, tentunya VIXION lebih irit pastinya. Memang CB itu adiknya dari CBR-150, enginenya sama, Cuma beda body. Nah sedangkan VIXION tetap dengan sasis DELTABOX, mungkin pada nanya, kenapa gak sekalian 150cc aja VIXION, kan lebih manteb. SABAR ! Kenapa mimin bilang sabar, karena YAMAHA udah punya motor yang kapasitasnya 150cc 6speed, hanya saja belum hadir di Indonesia, namanya YZF-150R, tu motor adiknya motor yang digunain Ben Spies ma Calcrutclow di SUPERSPORT, jadi motor ni ya semi sport gitu.
Pilih mana? YAMAHA VIXION apa HONDA CB-150R ?

0 komentar:

Posting Komentar