Minggu, 10 Februari 2013

Mesin 2 tak


 Salam high performance, kali ini mimin update tentang asal semua prinsip kendaraan bermotor, yaitu mesin 2 tak. Sesuai namanya mesin ini memerlukan dua tahap untuk pembakaran. Pada mesin montor 2 tak untuk bekerjanya Cuma diperlukan 2 langkah. Dan dua langkah itu adalah:



Pada gambar sebelah kiri terjadi proses upstroke. Nah upstroke itu adalaahh,, bukan penyakit (oh itu stroke halah), pada upstroke ini piston bergerak ke atas yaitu dari TMB ke TMA. Pada tahap ini terjadi dua langkah sekaligus, yaitu langkah kompresi dan di akhir langkah kompresi busi dinyalakan (langkah pembakaran) dan dhuwar sehingga terjadi langkah usaha. Nah tapi bersamaan dengan itu, campuran udara dan bahan bakar yang baru, masuk ke blok mesin. Nek di list kek gini :
-          Piston gerak dari TMB ke TMA
-          Saluran bilas dan buang tertutup, terjadi langkah kompresi, dan setelah mencapi tekanan tinggi busi memercikan bunga api listrik untuk membakar campuran bensin dengan udara tadi.
-          Pada saat yang bersamaan, dibawah (di dalam blok engkol mesin) bahan bakar yang baru masuk ke dalam bak mesin melalui saluran masuk. Di sini ada suatu katup atau valve tapi wujudnya sangat berbeda dengan valve pada 4 tak.




Nah nek pada gambar sebelah kanan terjadi proses downstroke atau piston bergerak ke bawah (sebenere ngapain sih piston tu naik turun naik turun gda krjaan laen po??! :p). Pada proses downstroke ini campuran udara dan bahan bakar yang tadi di bawah piston (di blok engkol mesin), didesak piston sehingga dia naik ke ruang bakar (melewati saluran opo yo namanya itu lah pokoknya) nah pada saat yang bersamaan sisa hasil pembakaran keluar melalui saluran buang. Nek di list kek gini :

-          Piston bergerak dari TMA ke TMB
-          Pada saat saluran bilas (saluran yang g jelas namanya dan saluran buang) masih tertutup oleh piston, di dalam bak engkol terjadi kompresi campuran bahan bakar dan udara.
-          Di atas piston (ruang bakar) sisa pembakaran mulai terbuang keluar melalui saluran buang.
-          Saat saluran bilas sudah terbuka, campuran bahan bakar dan udara mengalir ke dalam ruang bakar.

Jadi untuk satu siklus mesin dua tak cukup simpel, hanya memerlukan dua kali gerakan piston yaitu naik dan turun. Ga ada klep hisap, klep buang, camshaft dan yang rumit lainnya.
Nah itu dia mesin dengan 2tak, boros sih tapi perfomanya jangan Tanya !

0 komentar:

Posting Komentar