Salam high
performance, kali ini mimin update tentang asal semua prinsip kendaraan
bermotor, yaitu mesin 2 tak. Sesuai namanya mesin ini memerlukan dua tahap
untuk pembakaran. Pada mesin montor 2 tak untuk bekerjanya Cuma diperlukan 2
langkah. Dan dua langkah itu adalah:
Pada gambar sebelah
kiri terjadi proses upstroke. Nah
upstroke itu adalaahh,, bukan penyakit (oh itu stroke halah), pada upstroke ini
piston bergerak ke atas yaitu dari TMB ke TMA. Pada tahap ini terjadi dua
langkah sekaligus, yaitu langkah kompresi dan di akhir langkah kompresi busi
dinyalakan (langkah pembakaran) dan dhuwar sehingga terjadi langkah usaha. Nah
tapi bersamaan dengan itu, campuran udara dan bahan bakar yang baru, masuk ke
blok mesin. Nek di list kek gini :
-
Piston gerak dari TMB ke TMA
-
Saluran bilas dan buang tertutup, terjadi
langkah kompresi, dan setelah mencapi tekanan tinggi busi memercikan bunga api
listrik untuk membakar campuran bensin dengan udara tadi.
-
Pada saat yang bersamaan, dibawah (di dalam blok
engkol mesin) bahan bakar yang baru masuk ke dalam bak mesin melalui saluran
masuk. Di sini ada suatu katup atau valve
tapi wujudnya sangat berbeda dengan valve
pada 4 tak.
Nah nek pada
gambar sebelah kanan terjadi proses downstroke
atau piston bergerak ke bawah (sebenere ngapain sih piston tu naik turun naik
turun gda krjaan laen po??! :p). Pada proses downstroke ini campuran udara dan bahan bakar yang tadi di bawah
piston (di blok engkol mesin), didesak piston sehingga dia naik ke ruang bakar
(melewati saluran opo yo namanya itu lah pokoknya) nah pada saat yang bersamaan
sisa hasil pembakaran keluar melalui saluran buang. Nek di list kek gini :
-
Piston bergerak dari TMA ke TMB
-
Pada saat saluran bilas (saluran yang g jelas
namanya dan saluran buang) masih tertutup oleh piston, di dalam bak engkol
terjadi kompresi campuran bahan bakar dan udara.
-
Di atas piston (ruang bakar) sisa pembakaran
mulai terbuang keluar melalui saluran buang.
-
Saat saluran bilas sudah terbuka, campuran bahan
bakar dan udara mengalir ke dalam ruang bakar.
Jadi
untuk satu siklus mesin dua tak cukup simpel, hanya memerlukan dua kali gerakan
piston yaitu naik dan turun. Ga ada klep hisap, klep buang, camshaft dan yang rumit lainnya.
Nah
itu dia mesin dengan 2tak, boros sih tapi perfomanya jangan Tanya !
0 komentar:
Posting Komentar