Slam high
performance, ni mimin share lagi mengenai system pembakaran yang paling sering
digunakan pada saat ini. Karena mesin 4
tak memiliki keunggulan di banding mesin 2 tak, diantaranya lebih irit dan
ramah lingkungan.
Mesin 4
langkah, sesuai dengan namanya mesin ini mempunyai 4 tahap dalam pembakaran,
mesin ini dicetuskan oleh orang yang bernama OTO. 4 tahap itu adalah,
intek, kompresi, full power, dan exhaust. Ke-4 tahap itu terus berulang tan
terjadi pada motor. Terdapat bagian penting dalam mesin 4 tak, yaitu valve,
valve ini merupakan alat untuk membuka dan menutup dapur pacu. Valve ini
digerakkan oleh cansaft dan rokerarm. Berikut ini rincian keempat tahap
tersebut :
- Langkah intake
-
Piston bergerak turun dari TMA (Titik Mati Atas)
sampai TMB (Titik Mati Bawah). Gerakan piston ini menyebabkan kehampaan di
ruang bakar. Piston bergerak 1 gerakan (turun).
-
Pada saat ini katup masukan juga dibuka, maka
campuran bahan bakar dan udara yang berasal dari karburator, masuk ke ruang
bakar. Katup keluaran ditutup.
-
Kruk as berputar 180 derajat.
-
Camshaft
berputar 90 derajat.
L 2.Langkah kompresi.
Pada
langkah ini:
-
Klep masukan dan klep keluaran ditutup.
-
Piston terdorong ke atas dari TMB menuju TMA
karena ada momentum dari flywheel.
Dorongan piston ini mendesak campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang
bakar yang tadi masuk ketika langkah hisap. Karena tekanannya sangat tinggi,
campuran udara dan bahan bakar akan sangat mudah terbakar. Piston naik ke atas
brarti udah gerakan piston kedua.
-
Kruk as berputar 180 derajat, berarti sampai
langkah kompresi, kruk as sudah berputar satu kali putaran atau 360 derajat.
-
Camshaft
berputar 90 derajat, berarti camshaft
sudah berputar 180 derajat.
3 3. Langkah Usaha
Ketika
campuran bahan bakar dan udara selesai dikompresi yang mengakibatkan mereka
berdua menjadi sangat mudah terbakar, dinyalakanlah busi. Yasudahlah terjadi
ledakan…duwar…yang menyebabkan:
-
Piston terdorong dari TMA ke TMB, dalam hal ini
piston melakukan usaha, maka dinamakan langkah usaha. Piston bergerak ke bawah
(gerakan ketiga). Gerakan usaha yang linier ini diteruskan ke kruk as agar
menjadi gerakan rotasi atau putaran. Energi putaran ini disalurkan ke flywheel yang berfungsi menyimpan tenaga
dan momentum. Flywheel bertugas
memberikan energi ketika piston sedang tidak melakukan langkah usaha. Jadi pada
langkah hisap, kompresi dan buang, flywheel
lah yang membuat mesin tetap berputar.
-
Kedua katup masih menutup.
-
Kruk as berputar lagi 180 derajat, maka total
sudah berputar 540 derajat.
-
Camshaft berputar
lagi 90 derajat, maka total sudah berputar 270 derajat.
4 4. Langkah
buang
Langkah ini bertujuan mengeluarkan
sisa hasil pembakaran. Udara hasil pembakaran didiorong naik, namun katup
keluar dibuka, maka gas di ruang bakar akan keluar melewati saluran pembuangan
dan knalpot. Rinciannya:
-
Piston bergerak ke atas (gerakan keempat),
karena gaya dari flywheel.
-
Klep keluaran dibuka.
-
Kruk as berputar 180 derajat, maka total putaran
hingga langkah buang ini adalah 720 derajat atau dua kali rotasi.
-
Camshaft
berputar 90 derajat, maka total putaran adalah 1 putaran (360 derajat).
Sesudah itu terjadi lagi langkah isap dan
berulang-ulang lagi langkahnya.
Nah, hal ini berlaku untuk mesin 4 tak, baik yang
bensin maupun disel.
Keunggulan
mesin 4 tak :
+)irit bensin
nya
+)mesin yang
halus
+)tidak ngebul
+)minim
perawatan
+)suara
knalpot nyaman
+)minim
getaran
Kekurangan :
-)putaran
mesin sedang sehingga motor menjadi tidak terlalu cepat dan tidak terlalu
lambat
itu yang uda mimin share, smoga bermamfaat
0 komentar:
Posting Komentar