Minggu, 10 Februari 2013

Mesin 4 tak



Slam high performance, ni mimin share lagi mengenai system pembakaran yang paling sering digunakan pada saat ini. Karena  mesin 4 tak memiliki keunggulan di banding mesin 2 tak, diantaranya lebih irit dan ramah lingkungan.
Mesin 4 langkah, sesuai dengan namanya mesin ini mempunyai 4 tahap dalam pembakaran, mesin ini dicetuskan oleh orang yang bernama OTO.  4 tahap itu adalah, intek, kompresi, full power, dan exhaust. Ke-4 tahap itu terus berulang tan terjadi pada motor. Terdapat bagian penting dalam mesin 4 tak, yaitu valve, valve ini merupakan alat untuk membuka dan menutup dapur pacu. Valve ini digerakkan oleh cansaft dan rokerarm. Berikut ini rincian keempat tahap tersebut :
  1. Langkah intake















Pada langkah hisap proses yang terjadi adalah:
-          Piston bergerak turun dari TMA (Titik Mati Atas) sampai TMB (Titik Mati Bawah). Gerakan piston ini menyebabkan kehampaan di ruang bakar. Piston bergerak 1 gerakan (turun).
-          Pada saat ini katup masukan juga dibuka, maka campuran bahan bakar dan udara yang berasal dari karburator, masuk ke ruang bakar. Katup keluaran ditutup.
-          Kruk as berputar 180 derajat.
-          Camshaft berputar 90 derajat.

L     2.Langkah kompresi.





Pada langkah ini:
-          Klep masukan dan klep keluaran ditutup.
-          Piston terdorong ke atas dari TMB menuju TMA karena ada momentum dari flywheel. Dorongan piston ini mendesak campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar yang tadi masuk ketika langkah hisap. Karena tekanannya sangat tinggi, campuran udara dan bahan bakar akan sangat mudah terbakar. Piston naik ke atas brarti udah gerakan piston kedua.
-          Kruk as berputar 180 derajat, berarti sampai langkah kompresi, kruk as sudah berputar satu kali putaran atau 360 derajat.
-          Camshaft berputar 90 derajat, berarti camshaft sudah berputar 180 derajat.

3      3. Langkah Usaha

Ketika campuran bahan bakar dan udara selesai dikompresi yang mengakibatkan mereka berdua menjadi sangat mudah terbakar, dinyalakanlah busi. Yasudahlah terjadi ledakan…duwar…yang menyebabkan:
-          Piston terdorong dari TMA ke TMB, dalam hal ini piston melakukan usaha, maka dinamakan langkah usaha. Piston bergerak ke bawah (gerakan ketiga). Gerakan usaha yang linier ini diteruskan ke kruk as agar menjadi gerakan rotasi atau putaran. Energi putaran ini disalurkan ke flywheel yang berfungsi menyimpan tenaga dan momentum. Flywheel bertugas memberikan energi ketika piston sedang tidak melakukan langkah usaha. Jadi pada langkah hisap, kompresi dan buang, flywheel lah yang membuat mesin tetap berputar.
-          Kedua katup masih menutup.
-          Kruk as berputar lagi 180 derajat, maka total sudah berputar 540 derajat.
-          Camshaft berputar lagi 90 derajat, maka total sudah berputar 270 derajat.




4     4. Langkah buang

Langkah ini bertujuan mengeluarkan sisa hasil pembakaran. Udara hasil pembakaran didiorong naik, namun katup keluar dibuka, maka gas di ruang bakar akan keluar melewati saluran pembuangan dan knalpot. Rinciannya:
-          Piston bergerak ke atas (gerakan keempat), karena gaya dari flywheel.
-          Klep keluaran dibuka.
-          Kruk as berputar 180 derajat, maka total putaran hingga langkah buang ini adalah 720 derajat atau dua kali rotasi.
-          Camshaft berputar 90 derajat, maka total putaran adalah 1 putaran (360 derajat). 

Sesudah itu terjadi lagi langkah isap dan berulang-ulang lagi langkahnya.

Nah, hal ini berlaku untuk mesin 4 tak, baik yang bensin maupun disel.

Keunggulan mesin 4 tak :
+)irit bensin nya
+)mesin yang halus
+)tidak ngebul
+)minim perawatan
+)suara knalpot nyaman
+)minim getaran
Kekurangan :
-)putaran mesin sedang sehingga motor menjadi tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat


itu yang uda mimin share, smoga bermamfaat

0 komentar:

Posting Komentar