Jumat, 31 Mei 2013

DUCATI BARU MELUNCUR DI BARCELONA ! YAMAHA & HONDA PERLU WASPADA !

Setelah Jerez, Ducati kembali menurunkan spek baru Desmosedici GP13  di GP Italia, Mugello, pekan ini. Konon, itu persiapan final sebelum turun resmi pada GP Catalunya, Barcelona, 12-16 Juni.
Itu rumor yang dihembuskan angin tak jelas di sela-sela semaraknya hajatan Ducati sebagai tim tuan rumah di Mugello. Pasalnya, tim Italiano menurunkan lima motor di Mugello. Selain pembalap regular, juga turun test rider Michele Pirro dengan tiket wild card. Tugas Pirro mengembangkan lebih jauh motor laboratorium Desmosedici yang mengusung spek baru agar lebih kompetitif.
Namun, kabar itu dibantah GM Ducati Corse Bernhard Gobmeier yang malah bingung dengan hadirnya isu itu. Menurutnya, motor baru itu masih dalam taraf pengembangan, terus menerus di- up-date, dan belum ditentukan kapan dan di mana akan turun gelanggang secara resmi.
“Tak ada perubahan radikal. Statusnya masih eksperimen sampai kami yakin bisa menyaingi motor-motor lawan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan sampai kami merasa  yakin lebih kompetitif dari versi sebelumnya,” tegas Gobmeier.
Ia akui beberapa aspek memang sudah membaik dengan pasokan mesin dan sasis baru di Desmo13. Sejauh ini berjalan sesuai jadwal dan rencana awal. Itu diakui Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso yang sudah mencicipi spek baru ini di Jerez dua  pekan lalu. Meski tak merasakan perubahan drastis, setidaknya mereka sepakat kalau arah pengembangan Ducati kini lebih menjanjikan.
Pirro sendiri tampil lumayan trengginas di Jerez, finish ke-11. Pencapaian yang terbilang fantastis untuk ukuran pacuan uji coba dan dikendalikan seorang tester. Bila cemerlang lagi di Mugello, bukan tak mungkin Dovi dan Hayden makin kepincut dan ingin segera ganti pacuan. Maka, isu penampilan perdana di Barcelona itu pun bukan lagi sekedar isapan jempol.

0 komentar:

Posting Komentar